by

Bangun Rumah Mewah Tapi Murah Dengan Budget 50 Juta

PerdanaNews Kotamobagu-Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk bisa memiliki rumah sendiri, baik masih sendiri dan terlebih bagi yang sudah berumah tangga. Alih alih ingin cepat memiliki rumah sendiri, kebimbangan besar biasanya mulai menghantui.

Dua kebimbangan besar pada umumnya yang sering muncul adalah, pertama soal model atau type rumah idaman kedua adalah soal besaran biaya membangunya. Sulit mengselaraskan keduanya membuat kita akhirnya tidak memiliki rumah sampai tua.

Nah, sedikit tips dibawah ini semoga bisa menjadi bahan referensi buat bapak ibu yang ingin membangun rumah sesuai budget, bahkan dengan budget 50 juta saja rumah impian kita bisa terwujud.

Berikut ulasanya:

  1. Siapkan lahan kosong siap bangun
    Agar tujuan mem-bangun rumah 50 juta dapat terwujud maka biaya lahan harus nol rupiah.

Lahan menjadi kebutuhan fondamental dari sebuah proses membangun yang mana mutlak harus masuk dalam perhitungan Anda.

Kita tahu bahwa setiap detail pengeluaran yang berkaitan dengan pembangunan rumah Anda dapat diminimalisir dengan cara-cara teretntu.

Misalnya pada penyiapan lahan, Anda bisa menyiapkannya jauh-jauh hari sebelum rencana pembangunan dimulai.

Dengan begitu, maka pembiayaan lahan dalam hal ini persiapannya bisa dipisahkan dari biaya operasional utama sehingga akan meringankan Anda.

Selain itu dengan menyiapkan lahan lebih awal juga akan memberikan dampak sosial pada lingkungan sekitar, misalnya warga sekitar akan tahu bahwa pada lokasi lahan tersebut akan dibangun rumah Anda.

  1. Siapkan material yang bisa Anda usahakan sendiri

Menyiapkan material yang bisa Anda usahakan sendiri akan sangat membantu Anda mengurangi konsumsi biaya.

Misalnya jika Anda berada di dekat sumber tambang pasir, Anda bisa mengangkutnya sendiri sebagai aksi persiapan pembangunan rumah Anda.

Anda harus ingat bahwa pembangunan rumah Anda tidak memiliki deadline seperti halnya proyek perumahan, sehingga Anda bisa mengatur perencanaannya dengan baik termasuk pengumpulan material.

Tips penghematan berkaitan dengan pengadaan material juga bisa dilakukan dengan misalnya mengusahakan membeli material hasil kerajinan dari tetangga.

Selain harga yang bisa jadi lebih murah, juga Anda bisa lebih leluasa mengecek kualitasnya. Anda akan diuntungkan secara budgeting.

  1. Cermat dalam mencari toko bangunan

Toko material menjadi penting dalam rencana pembangunan rumah, karena hal ini berpengaruh terhadap logistik material saat tengah dalam proses pembangunan.

Dengan melakukan survey harga dan menentukan toko material terpercaya yang akan dipakai maka pengadaan material akan dapat terkontrol.

  1. Gotong Royong

Mungkin istilah gotong royong nampak asing bagi orang-orang yang tinggal diperkotaan. Namun untuk orang-orang pedesaan atau pinggiran kota mungkin masih kental menjaga budaya ini.

Jika di tempat atau lingkungan Anda membangun rumah masih memegang erat budaya gotong royong maka akan sangat membantu sekali dalam menghemat biaya pembangunan rumah Anda.

  1. Menunda finishing

Selain strategi di atas, Anda juga bisa menghemat biaya dengan melakukan finishing terhadap rumah Anda belakangan. Anda bisa sembari mengumpulkan uang untuk menyelesaikan pembangunan suatu saat nanti. Cukup dengan membangun sesuai yang Anda butuhkan.

Demikian, Semoga bermanfaat.

(Rls Red)

PERDANANEWS