by

Munchen Bantai Barcelona 8-2

PerdanaNews Kotamobagu-Munchen bantai Barcelona dengan skor sangat telak 8-2 di Stadion Da Luz, Sabtu (15/8) dini hari waktu Indonesia. Dengan hasil ini Munchen lolos ke semifinal Liga Champions.

Hasil positif Bayern Munchen ini memastikan meraih tiket semifinal UCL untuk pasukan Hansi Flick, dan juga membuat klub Jerman ini jadi satu-satunya mantan juara Liga Champions yang masih tersisa. Tim lain yang masih bertahan, yaitu PSG, RB Leipzig, atau Manchester City/Lyon belum pernah jadi pemenang UCL.

Bayern Munchen yang turun dengan formasi 4-2-3-1 sejak awal menekano Barcelona. Gol pun tercipta pada Menit keempat, adalah Thomas Muller yang menjebol gawang Marc Andre ter Stegen berkat kerjasamanya dengan Ivan Perisic dan Robert Lewandowski.

Namun tak berapa lama Pasukan Quique Setien menyamakan kedudukan. Berawal dari umpan silang Jordi Alba yang ditujukan ke Luis Suarez, justru disambar David Alaba namun ternyata masuk gawang sendiri. Namun, pasukan munchen mulai situasi kemudian tercipta 3 gol dalam kurun waktu 10 menit sejak aksi Ivan Perisic (21′) memanfaatkan kesalahan Sergi Roberto hingga babak pertama berakhir 4-1 untuk munchen.

Munchen kembali mencoba memberikan kejutan kepada Barcelona di awal-awal babak kedua. Akan tetapi, tendangan Ivan Perisic pada menit ke-49 bisa ditangkap Ter Stegen.

Lewandowski sempat mencetak gol ke gawang Barcelona di menit ke-53 setelah menerima operan Muller. Namun wasit Damir Skomina menganulir gol itu lantaran Goretzka lebih dahulu dalam posisi offside.

Tim asuhan Quique Setien memperkecil kedudukan menjadi 2-4 berkat tendangan kaki kiri Suarez dari dalam kotak penalti di menit ke-57.

Memanfaatkan lemahnya barisan pertahanan Barcelona, Munchen kembali menciptakan gol melalui kaki Die Roten dan menjaga keunggulan dengan tiga digit menjadi 5-2 pada menit ke-63.

Alih-alih memperkecil skor, Barcelona justru kebobolan 3 kali lagi dalam 8 menit terakhir pertandingan.

Robert Lewandowski membuat koleksi golnya di UCL musim ini jadi 14, setelah menanduk bola kiriman Philippe Coutinho, yang dipinjamkan Barca ke Bayern.

Coutinho tidak berhenti di sana. Ia memanfaatkan keroposnya lini belakang tim Setien dengan dua gol tambahan.

Skor 8-2, ini adalah selisih gol terbesar di perempat final Liga Champions 2019/2020. Bayern Munchen terlihat sangat dominan dalam laga ini.

Meskipun Barcelona menguasai bola hingga 50,8 persen alias tipis di atas mereka (49,2 persen), Die Roten mampu melepaskan 26 tembakan, dan 13 di antaranya mengarah gawang Barca. Sebaliknya, klub Catalunya mengirim hanya 7 tembakan (5 tepat sasaran).

Barcelona pulang dengan kekalahan besar, sekaligus memastikan tak meraih gelar apa pun tahun ini. Mereka sudah kalah di Copa del Rey, menjadi runner-up di Liga Spanyol di bawah Real Madrid, dan kali ini 8 kali dijebol Bayern di 8 besar UCL.

Di semifinal, Bayern Munchen menunggu pemenang Manchester City vs Lyon pada Minggu (16/8).

PERDANANEWS