by

Menteri Desa: Dana Desa di Tahun 2021 Sudah Disiapkan

PerdanaNews Kotamobagu-Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI di Senayan, Jakarta pada Kamis (25/6/2020) mengatakan, untuk Dana Desa di tahun 2021 sudah di siapkan.

Sehingga kisruh akibat perdebatan soal Undang undang No 2 tahun 2020 yang terkesan seolah tidak ada lagi Dana Desa di 2021 adalah tidak benar.

Hal ini juga sesuai dengan pemaparan Menteri Keuangan pada Rencana Pembanguan dan Rencana Anggaran di 2021 bahwa di dalamnya jelas masih terdapat Dana Desa.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, juga menyinggug soal Dana Desa yang dipakai untuk BLT. Hal ini menurutnya, hanya bersifat sementara. Karena kebijakan BLT itu hadir karena covid. Sehingga saat pandemi covid-19 sudah tidak ada maka BLT juga sudah tidak ada.

Untuk itu Soal Dana Desa terjadi refocusing (penyesuaian/pemotongan/penunda’an) dalam rangka penanganan Pandemi COVID-19, Undang Undang No 2 Tahun 2020 menjadi dasar bagi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa untuk mengalokasikan penanganan Pandemi COVID-19 yang sebelumnya tidak diatur dalam UU No 6 Tahun 2014.

Sehingga Substansi dari PERPPU No.1 Tahun 2020 yang telah disahkan melalui Undang Undang No 2 Tahun 2020 adalah melakukan pengutama’an pengguna’an alokasi anggaran untuk kegiatan tertentu (refocusing) penyesuaian alokasi, dan/atau pemotongan / penunda’an penyaluran anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa, dengan kriteria tertentu.

Dana Desa Dihapus, Kepala Desa Gigit Jari

Kepala Desa Bukan Raja, Pahami 8 Alasan Pemberhentian Perangkat Desa

Ini Langkah Hukum Apabila Kades Bertindak Tidak Sesuai Prosedur

(Rls/Red)

PERDANANEWS